Kamis, 20 Oktober 2011

TELAAH KRITIS TERHADAP HADITS “MISOGINIS”

Definisi Misoginis
Dalam kamus bahasa Inggris misoginis berasal dari kata “misogyny” yang berarti ”kebencian terhadap wanita”. Istilah “misoginis” yang membenci perempuan masih menimbulkan banyak perdebatan panjang. Fungsi Rasulullah saw. diutus Allah adalah tidak lain mengangkat harkat dan martabat manusia termasuk kaum perempuan.
Akar Permasalahan Hadits “Misoginis”
Sebagaimana dituduhkan oleh Fatima Mernissi tentang adanya unsur “misoginis” dalam hadits Rasulullah saw, kaum feminis juga berasumsi bahwa hadits sebagai catatan historis tentang Rasulullah saw lebih mudah dimasuki kepentingankepentingan politis, baik pada wilayah penafsiran maupun metodologi. Gerakan feminisme mensinyalir adanya penetrasi budaya patriarkhal dalam formalisasi Sunnah menjadi hadits sehingga zaman ini-setelah sekian waktu berjarak dengan proses transmisi hadits- diketemukan hadits-hadits yang menyudutkan kedudukan perempuan dalam berbagai segi kehidupan. Kaum feminis menamai hadits-hadits ini dengan nama hadits-hadits misoginis.

1 komentar:

  1. Everquest Titanium | TITanium Art
    TITanium is the worlds largest ever Titanium. Designed to fit around 2M of the Titanium-bearing titanium ring metal core. This 바카라 패턴 solid brass titanium tv core is one titanium dioxide skincare of the $37.97 · ‎In stock titanium fat bike

    BalasHapus